Kekurangan Berjualan Pakaian Menggunakan Katalog


Berjualan menggunakan katalog fashion ada keuntungan dan kerugiannya, keuntungannya sudah kami bahas dalam artikel sebelumya, Kelebihan Berjualan dengan Katalog Pakaian. Sekarang kami akan membahas kekurangan atau kerugian jualan pakaian dan produk fashion menggunakan katalog juga akan memberikan solusi untuk mensiasati sesuai dengan pengalaman dan kejadian yang pernah kita alami.

Memang dengan katalog, memudahkan kita untuk menawarkan sebanyak-banyaknya produk kepada calon pembeli. Namun pada beberapa kasus, pembeli akan menemukan beberapa masalah seperti:

Calon Pembeli Meragukan Kualitas Produk Tidak Sesuai dengan Gambar di Katalog

Ketakutan calon pembeli saat melihat produk display adalah barang yang mereka pesan tidak sesuai dengan apa yang mereka lihat pada gambar di katalog. Mereka banyak bertanya mengenai bahan pakaian atau sepatu, jaket atau produk lainnya, warna, dan juga kualitasnya. Untuk mensiasatinya, belilah satu atau dua sampel dari katalog fashion yang dapat mewakili semuanya sehingga kita dapat mengetahui dengan pasti kualitas produk dari katalog tersebut.

Satu tips lagi, jangan pernah menawarkan produk yang kita sendiri tidak mengetahui kualitasnya. Dengan sendirinya, semakin banyak orang memesan baju atau produk lainnya dari salah satu katalog, kita akan menguasai atau memperkirakan kualitasnya.

Ukuran dan Warna Tidak Sesuai

Calon pembeli banyak yang tidak tahu apa ukuran pakaian, sepatu dan produk lainnya. Terkadang ukuran salah satu katalog tidak sesuai dengan ukuran standar pada umumnya. Pada beberapa kasus, terdapat ketidaksesuaian ukuran yang biasa digunakan oleh pembeli dengan ukuran di katalog.

Solusinya, mintalah selalu ukuran standar produk dari produsen fashion yang kita tawarkan. Dengan demikian dapat kita pastikan sebelumnya ukuran produk yang akan dipesan.

Untuk Warna yang tidak sesuai, tanyakan dahulu kepada produsen anda sebelum melakukan pemesanan, sampai anda meyakini akan kesesuaian warna antara gambar di katalog dengan aslinya.

Selain kualitas, ukuran dan warna, ada beberapa hal yang wajib anda siasati sebagai penjual pakaian berkatalog, sebagai berikut:

Delay Order

Rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam proses pemesanan hingga pesanan sampai adalah 3 hari sampai 10 hari kerja. Waktu yang cukup lama bagi pembeli untuk menunggu produk pesananannya sampai ke tangannya. Ada beberapa kasus pembeli membatalkan pesanan gara-gara waktu tunggu yang lama.

Untuk mensiasatinya, pastikan pesanan ditangani dengan secepatnya memesan ke stockist atau produsen produk tersebut dan jangan lupa untuk selalu menanyakan kepada supplier kapan barang pesanan kita akan dikirim. Dengan demikian, kita akan mengetahui sampai kapan pesanan akan diterima oleh pembeli. Tipsnya adalah selalu memberikan informasi yang akurat kepada pembeli kapan dia akan terima orderannya.

Stock Barang

Kebanyakan masalah stock akan kita temui pada produk Fashion MLM. Kebanyakan produk MLM bermasalah dalam stock barang, karena stockist selalu rebutan untuk menyetock barang sebanyak-banyaknya sehingga bermasalah kepada kita sebagai penjual.

Berbeda dengan produk non MLM seperti distro atau pakaian Bandung yang memang mereka memproduksi sendiri pakaiannya, sepatu atau produk lainnya secara langsung. Ketika menemui salah satu MLM yang keseringan kekurangan stock barang, kita harus cepat menanyakan ketersediaan stock barang tersebut. Ketika barang yang dipesan oleh pembeli habis, cepat-cepat informasikan kepada pembeli. Syukur-Syukur dia akan memilih produk lainnya, sehingga kita tidak mengecewakan konsumen.

Dalam bisnis niaga, kepercayaan konsumen sangatlah penting. Oleh karena itu, kita harus menjaganya dengan selalu menginformasikan segala sesuatunya dengan jelas dan transparan.

Retur Barang

Agak sedikit mengesalkan memang, ketika kita menemui salah satu konsumen yang menukar barangnya gara-gara salah ukuran atau menukar warna. Biasanya waktu tunggu retur barang lebih lama dibandingkan dengan waktu pesan. Selain itu, retur memerlukan biaya tambahan, yaitu ongkos pengiriman. Oleh karena itu, bertindaklah cepat dengan melaporkan kepada supplier mengenai retur tersebut. Sehingga akan mengurangi waktu tunggu sampai kedatangan pesanan.

Variasi Model Produk Jualan

Salah satu trik untuk menarik minat calon pembeli adalah menyediakan produk yang beragam mulai dari selera, harga dan model. Untuk itu sebaiknya kita memiliki banyak referensi katalog pakaian dan fahion yang beredar dipasaran. Dengan banyaknya katalog yang kita miliki, namun ingat, semakin banyak katalog, tentu saja akan sedikit menyulitkan kita untuk mengingat kepada supplier mana kita memesan. Untuk itu biasakanlah mendata nama, nomor telepon, alamat dari supplier, distributor atau agen resmi.

Kedepan saya akan memberi contoh bagaimana menangani masalah managemen penjualan lengkap dengan contoh form, data transaksi serta database supplier.

Dari beberapa kasus kekurangan berjualan menggunakan katalog tersebut diatas, dapat kita pelajari solusi dari permasalahan tersebut. Semuanya bergantung kepada anda, bagaimana anda menangani permaslahan yang dihadapi. 
Buy Now
Share

Message on WhatsApp

Kekurangan Berjualan Pakaian Menggunakan Katalog

*Price :*%20

Payment & Delivery

Send
  • Description

  • Read more

  • No comments

Siasati Kekurangan Jualan Produk Fashiong Menggunakan Katalog, Yakinkan Calon Pembeli Mengenai Kualitas Katalog Pakaian

No comments